kecilkan semua  

Teks -- Matius 5:14-48 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. 5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."
Yesus dan hukum Taurat
5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. 5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. 5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 5:21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. 5:23 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, 5:24 tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. 5:25 Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dengan dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya dan engkau dilemparkan ke dalam penjara. 5:26 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar hutangmu sampai lunas. 5:27 Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. 5:28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. 5:29 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. 5:30 Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. 5:31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. 5:32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah. 5:33 Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. 5:34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, 5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; 5:36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. 5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. 5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. 5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. 5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. 5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? 5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Khotbah di Bukit | Perintah | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Perkawinan | Sumpah | Lemah Lembut | Neraka | Tingkah Laku Kristen | Anak Angkat | Dekalog | Hukum, Hukum Allah | Surga | Balas, Membalas Dendam | Kaki Dian Atau Kaki Pelita | Sumpah Yang Menghujat | Damai, Didamaikan Dengan Allah | Sembah, Persembahan | Cerai, Perceraian (Perkawinan) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 5:1--8:28 - KHOTBAH DI BUKIT. Nas : Mat 5:1-7:29 Pasal Mat 5:1-7:29, yang biasanya disebut Khotbah Kristus di Bukit, berisi penyataan dari prinsip-prinsip kebenaran Allah dengan...

Nas : Mat 5:1-7:29

Pasal Mat 5:1-7:29, yang biasanya disebut Khotbah Kristus di Bukit, berisi penyataan dari prinsip-prinsip kebenaran Allah dengan mana semua orang Kristen harus hidup oleh iman kepada Anak Allah (Gal 2:20) dan oleh kuasa Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita (Rom 8:2-14; Gal 5:16-25). Semua orang yang menjadi anggota Kerajaan Allah harus lapar dan haus akan kebenaran yang diajarkan dalam Khotbah Kristus

(lihat cat. --> Mat 5:6).

[atau ref. Mat 5:6]

Full Life: Mat 5:17 - HUKUM TAURAT ... UNTUK MENGGENAPINYA. Nas : Mat 5:17 Maksud Kristus ialah agar tuntutan rohani hukum Allah dapat dilaksanakan di dalam kehidupan para pengikut-Nya (Rom 3:31; 8:4). Hubun...

Nas : Mat 5:17

Maksud Kristus ialah agar tuntutan rohani hukum Allah dapat dilaksanakan di dalam kehidupan para pengikut-Nya (Rom 3:31; 8:4). Hubungan orang percaya dengan hukum Allah meliputi hal-hal berikut :

  1. 1) Hukum yang perlu ditaati oleh orang percaya terdiri atas prinsip-prinsip etis dan moral di PL (Mat 7:12; 22:36-40; Rom 3:31; Gal 5:14;

    lihat art. HUKUM PERJANJIAN LAMA)

    dan ajaran Kristus serta para rasul (Mat 28:20; 1Kor 7:19; 9:21; Gal 6:2). Hukum-hukum ini menyatakan tabiat dan kehendak Allah bagi semua orang dan masih berlaku hingga saat ini. Hukum PL yang langsung menyangkut bangsa Israel, seperti di bidang persembahan kurban, upacara agama, sosial dan sipil, kini tidak mengikat lagi (Ibr 10:1-4; mis. Im 1:2-3; 24:10).
  2. 2) Orang percaya tidak boleh memandang hukum Taurat sebagai suatu sistem perintah resmi yang perlu ditaati agar memperoleh pengampunan keselamatan (Gal 2:16,19). Sebaliknya, hukum Taurat hendaknya dilihat sebagai panduan moral bagi mereka yang sudah selamat dan yang dengan menaatinya menunjukkan kehidupan Kristus yang ada di dalam diri mereka (Rom 6:15-22).
  3. 3) Iman kepada Kristus merupakan titik tolak untuk menggenapi hukum Taurat. Melalui iman kepada Kristus, Allah menjadi Bapa kita (bd. Yoh 1:12). Oleh karena itu, ketaatan kita sebagai orang percaya bukan sekedar ketaatan kepada Allah sebagai Pemberi hukum yang berdaulat, namun lebih selaku anak kepada Bapanya (Gal 4:6).
  4. 4) Melalui iman kepada Kristus, maka orang percaya, oleh kasih karunia Allah (Rom 5:21) dan Roh Kudus yang mendiami diri mereka (Rom 8:13; Gal 3:5,14), diberikan dorongan batiniah dan kuasa untuk menaati hukum Allah (Rom 16:25-26; Ibr 10:16). Kita menggenapi hukum Allah dengan hidup menurut pimpinan Roh Kudus (Rom 8:4-14). Roh Kudus membantu kita mematikan perbuatan daging dan menggenapi kehendak Allah (Rom 8:13;

    lihat cat. --> Mat 7:21).

    [atau ref. Mat 7:21]

    Demikianlah, ketaatan yang lahiriah kepada hukum Allah harus disertai perubahan dalam hati dan roh kita (bd. ayat Mat 5:21-28).
  5. 5) Setelah dibebaskan dari kuasa dosa dan kini menjadi hamba kepada Allah (Rom 6:18-22), orang percaya mengikuti prinsip "iman" dengan hidup "di bawah hukum Kristus" (1Kor 9:21). Dengan demikian, kita menggenapi hukum Kristus (Gal 6:2) dan dengan sendirinya setia kepada tuntutan hukum Taurat

    (lihat cat. --> Rom 7:4;

    lihat cat. --> Rom 8:4;

    lihat cat. --> Gal 3:19;

    [atau ref. Rom 7:4; 8:4; Gal 3:19]

    Gal 5:16-25).
  6. 6) Yesus dengan tegas mengajarkan bahwa melakukan kehendak Bapa-Nya di Sorga akan tetap merupakan suatu syarat untuk memasuki Kerajaan Sorga

    (lihat cat. --> Mat 7:21).

    [atau ref. Mat 7:21]

Full Life: Mat 5:19 - TINGGI DI DALAM KERAJAAN SORGA. Nas : Mat 5:19 Kedudukan orang percaya dalam Kerajaan Sorga akan ditentukan oleh sikapnya terhadap hukum Allah dan oleh caranya mengajarkan dan men...

Nas : Mat 5:19

Kedudukan orang percaya dalam Kerajaan Sorga akan ditentukan oleh sikapnya terhadap hukum Allah dan oleh caranya mengajarkan dan mengamalkan hukum itu. Tingkat kesetiaan kita dalam hal ini akan menentukan taraf kemuliaan kita di sorga

(lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).

Full Life: Mat 5:20 - JIKA ... TIDAK LEBIH BENAR. Nas : Mat 5:20 Kebenaran orang Farisi dan para ahli Taurat hanya bersifat lahiriah. Mereka menaati banyak peraturan, berdoa, memuji Tuhan, berpuasa...

Nas : Mat 5:20

Kebenaran orang Farisi dan para ahli Taurat hanya bersifat lahiriah. Mereka menaati banyak peraturan, berdoa, memuji Tuhan, berpuasa, membaca Firman Allah, dan menghadiri kebaktian. Akan tetapi, tindakan lahiriah tersebut mereka lakukan sebagai ganti sikap batiniah yang benar. Yesus mengatakan bahwa kebenaran yang dikehendaki Allah dari orang percaya adalah lebih dari itu. Hati dan roh seseorang, bukan sekedar tindakan lahiriah, harus selaras dengan kehendak Allah dalam iman dan kasih

(lihat cat. --> Mr 7:6

[atau ref. Mr 7:6]

mengenai legalisme).

Full Life: Mat 5:22 - MARAH ... KAFIR ... JAHIL. Nas : Mat 5:22 Yesus tidak berbicara mengenai kemarahan yang selayaknya terhadap orang yang fasik dan tidak adil (bd. Yoh 2:13-17), tetapi yang dis...

Nas : Mat 5:22

Yesus tidak berbicara mengenai kemarahan yang selayaknya terhadap orang yang fasik dan tidak adil (bd. Yoh 2:13-17), tetapi yang disalahkan-Nya adalah kemarahan yang mendendam yang secara tidak adil menghendaki kematian orang lain. "Kafir" merupakan kata makian yang mungkin berarti "tolol". Menyebut seseorang "jahil" (yang artinya bodoh dalam ajaran agama) mungkin menunjukkan suatu sikap hati yang bisa membuat dirinya "diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala".

Full Life: Mat 5:28 - MEMANDANG ... MENGINGINKANNYA. Nas : Mat 5:28 Yang disalahkan oleh Kristus bukanlah pikiran mendadak yang mungkin dibisikkan oleh Iblis ke dalam pikiran seorang, bukan juga keing...

Nas : Mat 5:28

Yang disalahkan oleh Kristus bukanlah pikiran mendadak yang mungkin dibisikkan oleh Iblis ke dalam pikiran seorang, bukan juga keinginan yang tidak senonoh yang muncul dengan tiba-tiba. Yang dimaksudkan adalah pikiran atau keinginan tidak senonoh yang disetujui oleh kehendak seseorang, yaitu keinginan amoral yang akan dilaksanakan jikalau ada kesempatan. Keinginan dalam hati akan kenikmatan seksual yang haram, bila direnungkan dan tidak dilawan, adalah dosa

(lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL).

  1. 1) Orang Kristen harus berhati-hati dalam mengelak kesenangan yang diperoleh dari melihat gambar amoral sebagaimana ditampilkan dalam film atau bacaan yang cabul (bd. 1Kor 6:15,18; Gal 5:19,21; Ef 5:5; Kol 3:5; 2Tim 2:22; Tit 2:12; Ibr 13:4; Yak 1:14; 1Pet 2:11; 2Pet 3:3; 1Yoh 2:16).
  2. 2) Dalam hal mempertahankan kesucian seksual, baik perempuan maupun laki-laki memiliki tanggung jawab. Seorang wanita Kristen harus hati-hati agar tidak berdandan sedemikian rupa sehingga menarik perhatian kepada tubuhnya, dan dengan demikian menimbulkan godaan bagi laki-laki serta merangsang hawa nafsu. Berdandan secara tidak sopan adalah dosa (1Tim 2:9; 1Pet 3:2-3).

Full Life: Mat 5:29 - NERAKA. Nas : Mat 5:29 Lihat cat. --> Mr 9:43. [atau ref. Mr 9:43]

Nas : Mat 5:29

Lihat cat. --> Mr 9:43.

[atau ref. Mr 9:43]

Full Life: Mat 5:32 - KECUALI KARENA ZINAH. Nas : Mat 5:32 Lihat cat. --> Mat 19:9 [atau ref. Mat 19:9]

Nas : Mat 5:32

Lihat cat. --> Mat 19:9

[atau ref. Mat 19:9]

Full Life: Mat 5:39 - JANGANLAH KAMU MELAWAN ORANG YANG BERBUAT JAHAT. Nas : Mat 5:39 Yesus tidak menentang pelaksanaan keadilan yang semestinya atas mereka yang melakukan kejahatan (bd. Rom 13:1-4). Ayat-ayat berikut ...

Nas : Mat 5:39

Yesus tidak menentang pelaksanaan keadilan yang semestinya atas mereka yang melakukan kejahatan (bd. Rom 13:1-4). Ayat-ayat berikut (ayat Mat 5:43-48) menunjukkan bahwa yang dimaksudkan Yesus adalah mengasihi musuh (ayat Mat 5:44; Luk 6:27). Bila kita diperlakukan secara tidak adil, kita jangan membenci, tetapi harus menunjukkan reaksi yang memperlihatkan bahwa kita memiliki pendirian yang berpusat pada Kristus dan kerajaan-Nya. Tindakan kita terhadap mereka yang bersikap tidak baik kepada kita haruslah sedemikian sehingga akan menyebabkan mereka menerima Kristus sebagai Juruselamat mereka. Sebagai contoh sikap semacam ini, bandingkan Kej 13:1-13 dengan Kej 14:14, dan

Kej 50:19-21 dengan Kej 37:18-28;

juga lih. 1Sam 24:1-23; 26:1-25; Luk 23:34; Kis 7:60.

BIS: Mat 5:18 - kalau semuanya belum terjadi kalau semuanya belum terjadi: atau sebelum semua pengajaran hukum itu terjadi.

kalau semuanya belum terjadi: atau sebelum semua pengajaran hukum itu terjadi.

BIS: Mat 5:22 - barangsiapa marah barangsiapa marah: beberapa naskah kuno: barangsiapa marah tanpa sebab.

barangsiapa marah: beberapa naskah kuno: barangsiapa marah tanpa sebab.

Jerusalem: Mat 5:1--7:29 - -- Yesus membentangkan semangat baru yang menjiwai Kerajaan Allah, Mat 4:17+, dalam sebuah wejangan pembukuan, yang tidak dicantumkan Markus dan Lukas (L...

Yesus membentangkan semangat baru yang menjiwai Kerajaan Allah, Mat 4:17+, dalam sebuah wejangan pembukuan, yang tidak dicantumkan Markus dan Lukas (Luk 6:20-49) disajikan dengan bentuk yang berbeda-beda. Lukas meninggalkan apa yang kurang menarik perhatian sidang pembacanya, ialah segala sesuatu yang mengenai adat-istiadat dan hukum Yahudi, Mat 5:17-6:18. Sebaliknya Matius memasukkan ke dalam wejangan itu beberapa perkataan Yesus diucapkan di waktu dan tempat lain (bdk bagian-bagian yang sejalan dengan Lukas), dengan maksud menyusun sebuah piagam yang lebih lengkap. Dalam wejangan majemuk yang terbentuk dengan jalan tersebut ada lima pokok utama: 1) semangat manakah harus menjiwai anggota-anggota Kerajaan Allah, Mat 5:3-48. 2) dengan semangat manakah mereka harus "menggenapi" hukum dan adat-istiadat Yahudi, Mat 6:1-18. 3) perihal sikap terhadap harta benda dan kekayaan, Mat 6:19-34. 4) perihal hubungan dengan sesama manusia, Mat 7:1-12. 5) untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah, orang harus mengambil keputusan yang pantang mundur, lalu melaksanakannya dengan perbuatan, Mat 7:13-27.

Jerusalem: Mat 5:17 - menggenapinya Yesus tidak datang untuk meniadakan hukum Taurat, Ula 4:8 (dan seluruh tata penyelamatan lama) dan tidak pula mengiakannya seolah-olah tidak tersentuh...

Yesus tidak datang untuk meniadakan hukum Taurat, Ula 4:8 (dan seluruh tata penyelamatan lama) dan tidak pula mengiakannya seolah-olah tidak tersentuh. Dengan pengajaran dan tindakanNya. Yesus memberi hukum Taurat itu suatu wujud baru. Dengan itu sepenuhnya terwujud apa yang diusahakan dan dimaksudkan hukum Taurat, bdk Mat 1:22+; Mar 1:15+. Ini khususnya mengenai "kebenaran", Mat 5:20, bdk Mat 3:15; Ima 19:15; Rom 1:16+, "kebenaran sempurna" itu dengan memperlawankannya dengan hukum lama. Hukum lama menjadi batiniah dan begitu menyangkut keinginan hati dan pendorong rahasia, bdk Mat 12:34; Mat 23:25-28. Maka tidak ada bagian hukum lama apapun boleh diabaikan, kalau tidak ditingkatkan sampai kesempurnaanya, Mat 5:18-19; Mat 13:52. Soalnya bukanlah meringankan, tetapi memperdalam, Mat 11:28. Kasih yang menyimpulkan seluruh hukum lama, Mat 7:12; Mat 22:34-40 dsj, menjadi perintah Yesus yang baru, Yoh 13:34, dan memenuhi seluruh hukum Taurat, Rom 13:8-10; Gal 5:14; bdk Kol 3:14+.

Jerusalem: Mat 5:18 - Sesungguhnya Kata ini menterjemahkan kata Ibrani "Amen", Maz 41:13; Maz 72:19; Maz 106:48; Rom 1:25+. Yesus membuka ucapan-ucapan tertentu dengan kata itu untuk me...

Kata ini menterjemahkan kata Ibrani "Amen", Maz 41:13; Maz 72:19; Maz 106:48; Rom 1:25+. Yesus membuka ucapan-ucapan tertentu dengan kata itu untuk menonjolkan kewibawaan ucapan ucapanNya, Mat 6:2,5,16 dll, Mat 11:11 dll

Jerusalem: Mat 5:18 - iota Ialah huruf terkecil dalam abjad Ibrani.

Ialah huruf terkecil dalam abjad Ibrani.

Jerusalem: Mat 5:21 - Kamu telah mendengar Yaitu melalui pengajaran tradisionil yang secara lisan disampaikan, terutama dalam rumah-rumah ibadat(sinagoga)

Yaitu melalui pengajaran tradisionil yang secara lisan disampaikan, terutama dalam rumah-rumah ibadat(sinagoga)

Jerusalem: Mat 5:21 - dihukum Yaitu oleh pengadilan setempat (begitu juga dalam Mat 5:22).

Yaitu oleh pengadilan setempat (begitu juga dalam Mat 5:22).

Jerusalem: Mat 5:22 - Kafir Kata ini menterjemahkan kata "rakka", sebuah kata Aram/Ibrani yang diambil Matius dari tradisi. Artinya: "kepala angin", "kurang akal"

Kata ini menterjemahkan kata "rakka", sebuah kata Aram/Ibrani yang diambil Matius dari tradisi. Artinya: "kepala angin", "kurang akal"

Jerusalem: Mat 5:22 - Mahkamah Agama Ialah Sanhedrin Agung yang berkedudukan di Yerusalem

Ialah Sanhedrin Agung yang berkedudukan di Yerusalem

Jerusalem: Mat 5:22 - Jahil Kata Yunani "more" berarti "bodoh" tetapi seandainya searti dengan kata Ibrani "nabal", maka juga searti dengan: fasik, durhaka.

Kata Yunani "more" berarti "bodoh" tetapi seandainya searti dengan kata Ibrani "nabal", maka juga searti dengan: fasik, durhaka.

Jerusalem: Mat 5:37 - Jika ya... Ini sebuah ucapan terkenal, bdk 2Ko 1:17; Yak 5:12, dan dapat diartikan dengan berbagai cara:

Ini sebuah ucapan terkenal, bdk 2Ko 1:17; Yak 5:12, dan dapat diartikan dengan berbagai cara:

Jerusalem: Mat 5:37 - -- 1) Berkata benar: kalau ya, hendaklah berkata ya, kalau tidak hendaklah berkata tidak; 2) jujur: Ya (atau tidak) yang diucapkan hendaknya sesuai denga...

1) Berkata benar: kalau ya, hendaklah berkata ya, kalau tidak hendaklah berkata tidak; 2) jujur: Ya (atau tidak) yang diucapkan hendaknya sesuai dengan maksud dalam hati; 3) suatu ucapan meriah: mengulang ya atau tidak sudah cukup; tidak perlu orang masih angkat sumpah demi Allah.

Jerusalem: Mat 5:39 - melawan orang yang berbuat jahat kepadamu "kepadamu" tidak ada dalam naskah Yunani, tetapi ungkapan itu mengenai kejahatan yang menimpa orang sendiri (lihat contoh dalam Mat 5:39-40) Dilarang ...

"kepadamu" tidak ada dalam naskah Yunani, tetapi ungkapan itu mengenai kejahatan yang menimpa orang sendiri (lihat contoh dalam Mat 5:39-40) Dilarang orang melawannya untuk membalas yang jahat dengan yang jahat (sesuai dengan aturan pengadilan Yahudi, Mat 5:38). Yesus tidak melarang melawan serangan yang tidak adil, bdk Yoh 18:22 dst dan sama sekali tidak melarang menentang yang jahat di dunia.

Jerusalem: Mat 5:40 - mengingini bajumu Yaitu sebagai petaruh, bdk Kel 22:25 dst. Ula 24:12 dst. Pemikiran yang bernada paradoks ini sengaja dikehendaki seperti nampak jelas, bdk Mat 19:24.

Yaitu sebagai petaruh, bdk Kel 22:25 dst. Ula 24:12 dst. Pemikiran yang bernada paradoks ini sengaja dikehendaki seperti nampak jelas, bdk Mat 19:24.

Jerusalem: Mat 5:43 - dan bencilah musuhmu Bagian perintah yang kedua ini tidak terdapat begitu dalam hukum Taurat dan tak mungkin terdapat di situ. Ungkapan itu merupakan suatu keterlaluan, ak...

Bagian perintah yang kedua ini tidak terdapat begitu dalam hukum Taurat dan tak mungkin terdapat di situ. Ungkapan itu merupakan suatu keterlaluan, akibat bahasa (asli Aram) yang tidak mampu mengungkapkan pikiran secara tepat. Maka ungkapan itu berarti: dan jangan mengasihi musuhmu. Bandingkan Luk 14:26 dan Mat 10:39 (sejalan dengan Lukas). Tetapi dalam Sir 12:4-7 dalam naskah-naskah jemaat Qumran (1 QS 1:10, dll) di ketemukan sikap menghina terhadap orang berdosa, yang jauh berbeda dengan membenci mereka. Barangkali Yesus berpikir kepada keterangan-keterangan semacam itu.

Jerusalem: Mat 5:44 - menganiaya kamu Sejumlah naskah menambah: berkatilah mereka yang mengutuk kamu, berbuatlah baik kepada yang membenci kamu, bdk Luk 6:27 dst.

Sejumlah naskah menambah: berkatilah mereka yang mengutuk kamu, berbuatlah baik kepada yang membenci kamu, bdk Luk 6:27 dst.

Jerusalem: Mat 5:46 - pemungut cukai Ialah pemungut pajak. Karena pekerjaannya yang dilakukan dengan serakah itu mereka dibenci oleh rakyat; bdk Mat 9:10; 18:17+.

Ialah pemungut pajak. Karena pekerjaannya yang dilakukan dengan serakah itu mereka dibenci oleh rakyat; bdk Mat 9:10; 18:17+.

Ende: Mat 5:12-14 - Garam dan "terang" dunia. Murid-murid Jesus (semua orang beriman) harus dalam tjara berpikir dan bitjara serta tingkah-lakunja demikian mentjerminkan kebena...

dan "terang" dunia. Murid-murid Jesus (semua orang beriman) harus dalam tjara berpikir dan bitjara serta tingkah-lakunja demikian mentjerminkan kebenaran dan keluhuran Indjil, sehingga orang merasa tertarik kepadanja dipengaruh olehnja, sampai dimurnikan dari dosanja, mendjadi berkenan pada Allah dan menemukan djalan jang menudju kepada keselamatan abadi.

Ende: Mat 5:17 - -- Indjil mentjakup seluruh keluhuran hukum Allah jang lama, dengan segala sjarat-sjarat dan tjita-tjitanja jang murni, tetapi mengangkatnja keatas suatu...

Indjil mentjakup seluruh keluhuran hukum Allah jang lama, dengan segala sjarat-sjarat dan tjita-tjitanja jang murni, tetapi mengangkatnja keatas suatu tingkatan jang djauh lebih tinggi, jaitu tingkatan serba ataskodrati. Ia menambahnja dengan tjita-tjita jang djauh lebih luhur lagi, dan mendasarkannja lebih njata pada hukum jang tertinggi dan satu-satunja mutlak, ialah tjinta kepada Allah dan kepada sesama manusia.

Ende: Mat 5:20 - Kebenaran Artinja disini ketaatan sempurna kepada kehendak Allah.

Artinja disini ketaatan sempurna kepada kehendak Allah.

Ende: Mat 5:22 - -- Inti perbuatan-perbuatan jang dipersalahkan disini, ialah bentji. Kebentjian adalah pokok pembunuhan, kemarahan dan penghinaan jang sama-sama termasuk...

Inti perbuatan-perbuatan jang dipersalahkan disini, ialah bentji. Kebentjian adalah pokok pembunuhan, kemarahan dan penghinaan jang sama-sama termasuk kedjahatan terburuk, jaitu perkosaan hukum tjinta.

Umpatan "kau djahil" berarti: bodoh dalam hal-hal agama karena tak atjuh atau kelalaian. Umpatan kedua jang diterdjemahkan disini dengan "kau gila" dalam aslinja sangat kabur. Barangkali terdjemahan "kau tak ber-Tuhan", "kafir" atau "kau murtad" lebih tepat.

Ende: Mat 5:32 - Ketjuali karena zinah Ketjualian ini hanja terdapat pada Mt. dan tidak terang maksudnja. Kalau ditafsirkan: pertjeraian dibolehkan, kalau isteri berzinah, maka hal ini bert...

Ketjualian ini hanja terdapat pada Mt. dan tidak terang maksudnja. Kalau ditafsirkan: pertjeraian dibolehkan, kalau isteri berzinah, maka hal ini bertentangan dengan adjaran Jesus jang njata, misalnja dengan Mar 1:11; Luk 16:18, agaknja Mat 19:8 djuga dan lagi dengan adjaran Paulus dalam 1Ko 7:10-11. Sedjak diketemukan oleh para ahli bahasa, bahwa istilah asli jang kita terdjemahkan dengan "zinah", oleh orang Jahudi digunakan untuk segala kesalahan terhadap kesutjian perkawinan dan djuga untuk perkawinan jang tidak sah menurut hukum mereka, maka tafsiran para ahli, bahwa jang dimaksudkan Mt. ialah: ketjuali kalau perkawinan tidak sah, lebih mejakinkan.

Ende: Mat 5:37 - -- Maksud adjaran Jesus ini: seorang murid Jesus harus djudjur demikian pasti, sehingga tak ada alasan orang menuntut penjumpahan dari padanja. Jesus buk...

Maksud adjaran Jesus ini: seorang murid Jesus harus djudjur demikian pasti, sehingga tak ada alasan orang menuntut penjumpahan dari padanja. Jesus bukan hendak melarang bersumpah samasekali, terlebih tidak kalau dituntut oleh pihak jang resmi. Jesus sendiri pernah bersumpah. Bdl. Mat 25:16-22 dan Mat 26:65. Rom 1:5 dan 2Ko 1:23 dll.

Ende: Mat 5:39 - Djangan menantang patut lebih suka menderita daripada membalas dendam.

patut lebih suka menderita daripada membalas dendam.

Ende: Mat 5:43 - Bentjilah musuhmu Utjapan jang demikian tidak tersua dalam Kitab Kudus, melainkan adalah buah tafsiran salah.

Utjapan jang demikian tidak tersua dalam Kitab Kudus, melainkan adalah buah tafsiran salah.

Ref. Silang FULL: Mat 5:14 - terang dunia · terang dunia: Yoh 8:12

· terang dunia: Yoh 8:12

Ref. Silang FULL: Mat 5:15 - dalam rumah · dalam rumah: Mr 4:21; Luk 8:16; 11:33

· dalam rumah: Mr 4:21; Luk 8:16; 11:33

Ref. Silang FULL: Mat 5:16 - depan orang // yang baik // dan memuliakan · depan orang: 1Kor 10:31; Fili 1:11 · yang baik: Tit 2:14; Tit 2:14 · dan memuliakan: Mat 9:8; Mat 9:8

· depan orang: 1Kor 10:31; Fili 1:11

· yang baik: Tit 2:14; [Lihat FULL. Tit 2:14]

· dan memuliakan: Mat 9:8; [Lihat FULL. Mat 9:8]

Ref. Silang FULL: Mat 5:17 - untuk menggenapinya · untuk menggenapinya: Yoh 10:34,35; Rom 3:31

· untuk menggenapinya: Yoh 10:34,35; Rom 3:31

Ref. Silang FULL: Mat 5:18 - semuanya terjadi · semuanya terjadi: Mazm 119:89; Yes 40:8; 55:11; Mat 24:35; Mr 13:31; Luk 16:17; 21:33

Ref. Silang FULL: Mat 5:19 - hukum Taurat · hukum Taurat: Yak 2:10

· hukum Taurat: Yak 2:10

Ref. Silang FULL: Mat 5:20 - Kerajaan Sorga · Kerajaan Sorga: Yes 26:2; Mat 18:3; Yoh 3:5

· Kerajaan Sorga: Yes 26:2; Mat 18:3; Yoh 3:5

Ref. Silang FULL: Mat 5:21 - Jangan membunuh · Jangan membunuh: Kel 20:13; 21:12; Ul 5:17

· Jangan membunuh: Kel 20:13; 21:12; Ul 5:17

Ref. Silang FULL: Mat 5:22 - yang marah // harus dihukum // Mahkamah Agama // dalam neraka · yang marah: Pengkh 7:9; 1Kor 13:5; Ef 4:26; Yak 1:19,20 · harus dihukum: 1Yoh 3:15 · Mahkamah Agama: Mat 26:59; Yoh 11:47; Kis ...

· yang marah: Pengkh 7:9; 1Kor 13:5; Ef 4:26; Yak 1:19,20

· harus dihukum: 1Yoh 3:15

· Mahkamah Agama: Mat 26:59; Yoh 11:47; Kis 5:21,27,34,41; 6:12

· dalam neraka: Mat 18:9; Mr 9:43,48; Luk 16:24; Yak 3:6

Ref. Silang FULL: Mat 5:27 - Jangan berzinah · Jangan berzinah: Kel 20:14; Ul 5:18

· Jangan berzinah: Kel 20:14; Ul 5:18

Ref. Silang FULL: Mat 5:28 - dalam hatinya · dalam hatinya: Ams 6:25; 2Pet 2:14

· dalam hatinya: Ams 6:25; 2Pet 2:14

Ref. Silang FULL: Mat 5:29 - kanan menyesatkan · kanan menyesatkan: Mat 5:30; Mat 18:6,8,9; Mr 9:42-47; Luk 17:2; Rom 14:21; 1Kor 8:13; 2Kor 6:3; 2Kor 6:3; 2Kor 11:29

Ref. Silang FULL: Mat 5:30 - kanan menyesatkan · kanan menyesatkan: Mat 5:29; Mat 5:29

· kanan menyesatkan: Mat 5:29; [Lihat FULL. Mat 5:29]

Ref. Silang FULL: Mat 5:31 - surat cerai · surat cerai: Ul 24:1-4

· surat cerai: Ul 24:1-4

Ref. Silang FULL: Mat 5:32 - berbuat zinah · berbuat zinah: Luk 16:18; Luk 16:18

· berbuat zinah: Luk 16:18; [Lihat FULL. Luk 16:18]

Ref. Silang FULL: Mat 5:33 - bersumpah palsu // depan Tuhan · bersumpah palsu: Im 19:12 · depan Tuhan: Bil 30:2; Ul 23:21; Mat 23:16-22

· bersumpah palsu: Im 19:12

· depan Tuhan: Bil 30:2; Ul 23:21; Mat 23:16-22

Ref. Silang FULL: Mat 5:34 - Janganlah sekali-kali // adalah takhta · Janganlah sekali-kali: Yak 5:12 · adalah takhta: Yes 66:1; Mat 23:22

· Janganlah sekali-kali: Yak 5:12

· adalah takhta: Yes 66:1; Mat 23:22

Ref. Silang FULL: Mat 5:35 - Raja Besar · Raja Besar: Mazm 48:3

· Raja Besar: Mazm 48:3

Ref. Silang FULL: Mat 5:37 - katakan: tidak // si jahat · katakan: tidak: Yak 5:12 · si jahat: Mat 6:13; 13:19,38; Yoh 17:15; Ef 6:16; 2Tes 3:3; 1Yoh 2:13,14; 3:12; 5:18,19

Ref. Silang FULL: Mat 5:38 - ganti gigi · ganti gigi: Kel 21:24; Im 24:20; Ul 19:21

· ganti gigi: Kel 21:24; Im 24:20; Ul 19:21

Ref. Silang FULL: Mat 5:39 - pipi kirimu · pipi kirimu: Luk 6:29; Rom 12:17,19; 1Pet 3:9

· pipi kirimu: Luk 6:29; Rom 12:17,19; 1Pet 3:9

Ref. Silang FULL: Mat 5:42 - dari padamu · dari padamu: Ul 15:8; Luk 6:30

· dari padamu: Ul 15:8; Luk 6:30

Ref. Silang FULL: Mat 5:43 - sesamamu manusia // bencilah musuhmu · sesamamu manusia: Im 19:18; Mat 19:19; 22:39; Mr 12:31; Luk 10:27; Rom 13:9; Gal 5:14; Yak 2:8 · bencilah musuhmu: Ul 23:6; Mazm 139:2...

· sesamamu manusia: Im 19:18; Mat 19:19; 22:39; Mr 12:31; Luk 10:27; Rom 13:9; Gal 5:14; Yak 2:8

· bencilah musuhmu: Ul 23:6; Mazm 139:21,22

Ref. Silang FULL: Mat 5:44 - menganiaya kamu · menganiaya kamu: Luk 6:27,28; 23:34; Yoh 15:20; Kis 7:60; Rom 8:35; 12:14; 1Kor 4:12; 1Pet 2:23

Ref. Silang FULL: Mat 5:45 - menjadi anak-anak // tidak benar · menjadi anak-anak: Mat 5:9; Luk 6:35; Rom 8:14; Rom 8:14 · tidak benar: Ayub 25:3

· menjadi anak-anak: Mat 5:9; Luk 6:35; Rom 8:14; [Lihat FULL. Rom 8:14]

· tidak benar: Ayub 25:3

Ref. Silang FULL: Mat 5:46 - apakah upahmu · apakah upahmu: Luk 6:32

· apakah upahmu: Luk 6:32

Ref. Silang FULL: Mat 5:48 - adalah sempurna · adalah sempurna: Im 19:2; 1Pet 1:16

· adalah sempurna: Im 19:2; 1Pet 1:16

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 5:13-16 - Garam Dunia dan Terang Dunia Garam Dunia dan Terang Dunia (5:13-16) Belum lama ini Kristus memanggil murid-murid-Nya dan memberitahukan bahwa mereka akan menjadi penjala manusi...

Matthew Henry: Mat 5:17-20 - Penggenapan Hukum Taurat Penggenapan Hukum Taurat (5:17-20) Orang-orang yang kepadanya Kristus berkhotbah dan deminya Ia menyampaikan pengajaran ini kepada murid-murid-Ny...

Matthew Henry: Mat 5:21-26 - Reformasi atas Penyimpangan terhadap Perintah Keenam Reformasi atas Penyimpangan terhadap Perintah Keenam (5:21-26) Setelah Kristus menetapkan aturan-aturan dasar ini, bahwa para ahli Taurat dan orang...

Matthew Henry: Mat 5:27-32 - Reformasi atas Penyimpangan terhadap Perintah Ketujuh Reformasi atas Penyimpangan terhadap Perintah Ketujuh (5:27-32) Di sini kita temukan uraian tentang perintah ketujuh, yang diberikan kepada kita ol...

Matthew Henry: Mat 5:33-37 - Reformasi atas Penyimpangan terhadap Perintah Ketiga Reformasi atas Penyimpangan terhadap Perintah Ketiga (5:33-37) Di sini diuraikan tentang perintah ketiga, yang semakin perlu kita pahami, terutama ...

Matthew Henry: Mat 5:38-42 - Reformasi terhadap Hukum Pembalasan Reformasi terhadap Hukum Pembalasan (5:38-42) Melalui ayat-ayat inilah hukum balasan setimpal dijelaskan secara terperinci sekaligus dicabut. Perha...

Matthew Henry: Mat 5:43-48 - Reformasi terhadap Hukum Kasih Reformasi terhadap Hukum Kasih (5:43-48) Akhirnya kita melihat juga di sini uraian mengenai hukum yang sangat mendasar dari loh batu kedua, Kasihil...

SH: Mat 5:11-16 - Menjadi garam dan terang dunia (Kamis, 10 Januari 2013) Menjadi garam dan terang dunia Bagaimana orang Kristen yang sedang teraniaya (11-12) bisa menjadi saksi Kristus, menggarami dan menerangi dunia (13-1...

SH: Mat 5:11-16 - Garam dan Terang yang Berfungsi (Selasa, 5 Januari 2021) Garam dan Terang yang Berfungsi Perikop ini berbicara tentang status orang-orang yang menjadi pengikut Kristus atau orang Kristen. Setiap pengikut Kr...

SH: Mat 5:13-16 - Peran positif pengikut Kristus. (Kamis, 1 Januari 1998) Peran positif pengikut Kristus. Tinggalkan yang lama dari tahun lama, masuki tahun baru ini dengan kebaruan dari Allah, maka kita akan berperan baru....

SH: Mat 5:13-16 - Bukan masyarakat di balik pagar tinggi (Rabu, 3 Januari 2001) Bukan masyarakat di balik pagar tinggi Khotbah Yesus tentang garam dan terang dunia pada intinya menekankan bahwa Kristen tidak boleh hidup sebagai...

SH: Mat 5:13-16 - Bila garam menjadi tawar (Senin, 3 Januari 2005) Bila garam menjadi tawar Hidup Kristen adalah hidup yang berarti karena telah ditebus dengan darah Kristus. Hidup yang demikian bisa menjadi sar...

SH: Mat 5:13-16 - Identitas Warga Kerajaan Allah (Senin, 9 Januari 2017) Identitas Warga Kerajaan Allah Setiap orang percaya yang menjadi warga Kerajaan Allah memiliki identitas yang disimbolkan seperti garam dan terang. G...

SH: Mat 5:1-16 - Identitas murid sejati (Rabu, 6 Januari 2010) Identitas murid sejati Dari mana orang dunia tahu siapa yang sesungguhnya menjadi murid Tuhan? Tentu dari cara hidup orang yang meneladani Krist...

SH: Mat 5:17-26 - Kristus kontra Farisi, bukan kontra Taurat. (Jumat, 2 Januari 1998) Kristus kontra Farisi, bukan kontra Taurat. Tujuan kedatangan Yesus bukan untuk membatalkan hukum Taurat tetapi menggenapinya menurut hakikat dan sem...

SH: Mat 5:17-26 - Kesempurnaan Kristen dan amarah (Kamis, 4 Januari 2001) Kesempurnaan Kristen dan amarah Apakah Kristen yang telah mendapatkan pengajaran khusus dari Kristus dibebaskan dari tuntutan menjalankan hukum Tau...

SH: Mat 5:17-20 - Firman kekal untuk diterapkan (Selasa, 4 Januari 2005) Firman kekal untuk diterapkan Yesus datang ke dunia ini bukan untuk membatalkan Hukum Taurat, tetapi untuk menggenapinya (ayat 17) menurut hakik...

SH: Mat 5:17-20 - Sikap terhadap hokum (Kamis, 7 Januari 2010) Sikap terhadap hokum Apakah murid Kristus tidak lagi terikat kepada hukum Taurat? Atau apakah hukum Taurat dinyatakan tidak berlaku untuk orang ...

SH: Mat 5:17-20 - Lakukan dan ajarkan semuanya (Jumat, 11 Januari 2013) Lakukan dan ajarkan semuanya Apa dasar pengajaran Tuhan Yesus tentang karakter surgawi yang mengarahkan kita pada kebahagiaan surgawi? Firman Tuhan. ...

SH: Mat 5:17-20 - Hidup Benar (Selasa, 10 Januari 2017) Hidup Benar Kedatangan Yesus bukan untuk meniadakan hukum Taurat dan kitab para nabi (seluruh PL), melainkan untuk menggenapinya (17). Yesus menegask...

SH: Mat 5:17-20 - Melampaui Hidup Keagamaan (Rabu, 6 Januari 2021) Melampaui Hidup Keagamaan Tindakan dan pengajaran Tuhan Yesus sering kali melampaui hukum Taurat. Banyak orang yang berpikir bahwa Tuhan Yesus datang...

SH: Mat 5:21-26 - Pembunuhan karakter? (Rabu, 5 Januari 2005) Pembunuhan karakter? Salah satu ciri kristiani yang harus nyata dalam hidup anak-anak Tuhan adalah sikapnya terhadap sesama manusia. Sikap terse...

SH: Mat 5:21-48 - Etika hati (Jumat, 8 Januari 2010) Etika hati Bagaimana menjalankan kehidupan yang benar yang melampaui apa yang dilakukan para pemuka agama Yahudi? Mulailah dengan hati, yakni ...

SH: Mat 5:21-48 - Perubahan karakter dan relasi (Sabtu, 12 Januari 2013) Perubahan karakter dan relasi Pengajaran Yesus berlanjut. Yesus menegaskan berlakunya hukum Taurat dalam hidup orang Kristen. Namun, penerapannya har...

SH: Mat 5:21-30 - Menangkal dan Menanggalkan Dosa (Rabu, 11 Januari 2017) Menangkal dan Menanggalkan Dosa Konsekuensi dari dosa pembunuhan yang disengaja dan direncanakan (21; lih. Kel. 20:13; Ul. 5:17) adalah hukuman mati ...

SH: Mat 5:21-48 - Tetapi Aku Berkata ...! (Kamis, 7 Januari 2021) Tetapi Aku Berkata ...! Pada bagian sebelumnya (5:17-20) kita tahu bahwa kedatangan Tuhan Yesus bukan untuk meniadakan hukum Taurat, melainkan untuk ...

SH: Mat 5:27-32 - Etika seksual radikal. (Jumat, 3 Januari 1998) Etika seksual radikal. Etika Kristen adalah etika hati (ayat 28). Orang Yahudi berkata, mata dan tangan merupakan perantara dosa, sedangkan mata dan ...

SH: Mat 5:27-48 - Kristen dan kemerosotan moral masyarakat (Jumat, 5 Januari 2001) Kristen dan kemerosotan moral masyarakat Sehari- harinya masyarakat Indonesia disuguhi sinetron- sinetron yang bertemakan perselingkuhan, seks beb...

SH: Mat 5:27-32 - Kudusnya pikiran, kudusnya hidup (Kamis, 6 Januari 2005) Kudusnya pikiran, kudusnya hidup Ajaran Tuhan Yesus yang tidak mengizinkan perceraian kecuali karena perzinaan (ayat 32) sebenarnya menunjukkan ...

SH: Mat 5:31-37 - Penghargaan yang Seharusnya (Kamis, 12 Januari 2017) Penghargaan yang Seharusnya Berbicara tentang hukum perceraian (31, lih. Ul. 24:1-4), Yesus seolah-olah menyetujui perceraian, pernikahan kembali, at...

SH: Mat 5:33-48 - Antara kata dan hati (Minggu, 4 Januari 1998) Antara kata dan hati Sumpah bertujuan untuk mengukuhkan kebenaran dan meneguhkan kebohongan. Manusia Yahudi menggolongkan sumpah ke dalam dua hal. Pe...

SH: Mat 5:33-37 - Jika ya katakan ya (Jumat, 7 Januari 2005) Jika ya katakan ya Di manakah kita bisa mendapatkan kebenaran? Bahkan di pengadilan pun kadang kita dapat menemukan saksi yang berbohong. Padaha...

SH: Mat 5:38-48 - Sifat kristiani yang meneladani Bapa (Sabtu, 8 Januari 2005) Sifat kristiani yang meneladani Bapa Ajaran lex talionis (mata ganti mata, gigi ganti gigi, dst.) pada dasarnya mencegah pembalasan yang berlebi...

SH: Mat 5:38-48 - Mengalahkan Kejahatan (Jumat, 13 Januari 2017) Mengalahkan Kejahatan Yesus mengajarkan sebuah prinsip yang melampaui hukum pembalasan yang setimpal (38; lihat Ul. 21:24; Ul. 19:21). Prinsip itu ad...

Topik Teologia: Mat 5:14 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Pengalaman Orang Kristen Mat 5:13-16 Yoh 3:21 Yoh 7:17 Rom 8:13-17 1Ko 2:9-16 2K...

Topik Teologia: Mat 5:16 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Pengalaman Orang Kristen Mat 5:13-16 Yoh 3:21 Yoh 7:17 Rom 8:13-17 1Ko 2:9-16 2K...

Topik Teologia: Mat 5:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Meng...

Topik Teologia: Mat 5:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Wahyu Allah Wahyu Khusus Dosa Dosa-dosa Kedagingan Dosa-dosa Seksual yang Dihukum ...

Topik Teologia: Mat 5:19 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:20 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:21 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:22 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:23 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Melakukan Hal-hal untuk Orang Lain Dia Prih...

Topik Teologia: Mat 5:26 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:27 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:28 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:29 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Mat 5:30 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Mat 5:31 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:34 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:36 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Mat 5:38 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:40 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Mat 5:43 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:44 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mat 5:45 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Atribut-Atribut Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Wahyu Allah...

Topik Teologia: Mat 5:46 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Tuntutan Moral Allah Dinyatakan Prinsip Dasar Moral Dinyatakan Mat 5:46-47 Rom 2:13-16 Pen...

Topik Teologia: Mat 5:47 - -- Wahyu Allah Wahyu Umum Tuntutan Moral Allah Dinyatakan Prinsip Dasar Moral Dinyatakan Mat 5:46-47 Rom 2:13-16 Pen...

Topik Teologia: Mat 5:48 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Sempurna Ula 32:4 2Sa 22:31 Ayu 37:16 Maz 19:7 Ams 30:5 Mat 5:48 Ro...

TFTWMS: Mat 5:14-16 - Terang Dunia TERANG DUNIA (Matius 5:14-16) 14 "Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. 15 Lagipula orang tidak...

TFTWMS: Mat 5:17 - Bukan Untuk Meniadakan "BUKAN UNTUK MENIADAKAN" (Matius 5:17) 17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para na...

TFTWMS: Mat 5:18 - Satu Iota Atau Satu Titik Pun "SATU IOTA ATAU SATU TITIK PUN"(Matius 5:18) 18 "Karena Aku [sungguh-sungguh] berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langi...

TFTWMS: Mat 5:19 - Bahkan Tidak Sekalipun Yang Paling Kecil BAHKAN TIDAK " SEKALIPUN YANG PALING KECIL" (Matius 5:19) 19 "Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekali...

TFTWMS: Mat 5:20 - Jika Hidup Keagamaanmu Tidak Lebih Benar Dari Pada Hidup Keagamaan Ahli-ahli Taurat Dan Orang-orang Farisi.… "JIKA HIDUP KEAGAMAANMU TIDAK LEBIH BENAR DARI PADA HIDUP KEAGAMAAN AHLI-AHLI TAURAT DAN ORANG-ORANG FARISI.…"(Matius 5:20) 20 "Maka...

TFTWMS: Mat 5:21-26 - Mengenai Amarah Dan Pembunuhan MENGENAI AMARAH DAN PEMBUNUHAN (Matius 5:21-26) 21 "Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang ...

TFTWMS: Mat 5:27-30 - Mengenai Perzinahan MENGENAI PERZINAHAN (Matius 5:27-30) 27 "Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. 28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memanda...

TFTWMS: Mat 5:31-32 - Mengenai Perceraian MENGENAI PERCERAIAN (Matius 5:31, 32) 31 "Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. 32 Tetap...

TFTWMS: Mat 5:33-37 - Mengenai Sumpah MENGENAI SUMPAH (Matius 5:33-37) 33 "Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan pega...

TFTWMS: Mat 5:38-42 - Mengenai Balas Dendam MENGENAI BALAS DENDAM (Matius 5:38-42) 38 "Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Jan...

TFTWMS: Mat 5:43-48 - Mengenai Musuh MENGENAI MUSUH (Matius 5:43-48) 43 "Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. 44 Tetapi Aku berkata kepadamu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun 60-an TM Latar Belakang Injil ini dengan tepat sekali di...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (Mat 1:1-4:11) A. Silsilah Yahudi Yesus (Mat 1:1-17) B....

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita; demikian yang diberikan pada bagian kedua dari...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedjak semula terkenal sebagai jang pertama, dan ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) TERANG (Matius 5:14-16) Setelah Allah menciptakan "langit dan bumi" dan "bumi belum berbentuk dan kosong," Ia menciptakan terang,...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Injil Kerajaan 5:1-22 UCAPAN BAHAGIA Khotbah di Bukit (pasal 5-7) berfungsi sebagai bagian pengajaran pertama yang Matius sertakan di dala...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 R. T. France, The Gospel According to Matthew, The Tyndale New Testament Commentaries (Grand Rapids, Mich.: Wm. B. Eerdmans Publis...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Khotbah Di Bukit 5:13-16 GARAM & TERANG Seraya Yesus melanjutkan khotbah-Nya, Ia menugaskan murid-murid-Nya untuk menjadi "garam&qu...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pliny Natural History 31.45. 2 Sirach 39:26 (NRSV). 3 Pliny Natural History 31.45. 4 Leon Morris, The Gospel according to Ma...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Khotbah Di Bukit 5:17-20 PENGGENAPAN HUKUM TAURAT Mesias memang telah lama diharapkan dan diantisipasi, tetapi akan seperti apakah Ia tidak...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Yesus dan Hukum Taurat (Matius 5:17-20) Yesus tidak datang untuk "menghancurkan" hukum Musa, tetapi untuk "menggenapinya." Ia dat...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Namun begitu, konteksnya harus selalu dipertimbangkan ketika membuat penentuan ini. 2 Lihat Lukas 16:17. Bahasa yang sama diguna...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Matius: Khotbah Di Bukit 5:21-48 MEMERIKSA HATI Kebenaran melampaui perbuatan dosa yang nyata dan menunjukkan pemikiran yang mendahului perbuatan s...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) PERINGATAN (Matius 5:21-26) Jika kita tidak berhati-hati, kita dapat berdosa terhadap penyimpangan berat atas hukum Allah yang telah dilakukan oleh p...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) KEMARAHAN DAN DOSA (Matius 5:21, 22) Yesus tidak mencela semua jenis amarah, tapi amarah yang timbul dari hubungan pribadi. Ada tempat untuk marah at...

TFTWMS: Matius (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Donald A. Hagner, Matthew 1-13, Word Biblical Commentary, vol. 33A (Dallas: Word Books, 1993), 111. 2 Ibid., 116; Talmud Kiddush...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Standar Allah (Matius 5:23-26) Tidaklah cukup bagi kita untuk membuat perbandingan antara diri kita sendiri dan standar agama yang dibentuk oleh manu...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Rekonsiliasi (Matius 5:23-26) Alkitab memberikan prosedur yang tepat untuk menangani saudara yang dilukai atau saudara yang melukai. Dalam teks ini, ...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) KEBENARAN TENTANG SEKS (Matius 5:27-30) Karena Allah menciptakan seks, maka seks tidak "kotor." Allah menciptakan manusia sebagai makhluk s...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Mengalahkan Nafsu BIRAHI (Matius 5:27-30) Yesus memperingatkan tentang dosa nafsu birahi, yang menghancurkan jiwa dan sering menyebabkan percabulan a...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) AJARAN YESUS TENTANG PERCERAIAN (Matius 5:31, 32) Dalam Matius 19:1-12, Yesus mengungkapkan beberapa kebenaran tentang perkawinan, perceraian, dan pe...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) Kebenaran (Matius 5:33-37) Kebenaran sangat langka sekarang ini. Kajian terbaru menunjukkan bahwa kebanyakan orang kadang-kadang bersalah melakukan d...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) BERSUMPAH (Matius 5:33-37) Sekarang ini banyak orang berkata, "Aku bersumpah," dengan maksud menambah keabsahan terhadap apa yang mereka se...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) BAGAIMANAKAH DENGAN HAK-HAK KITA? (Matius 5:38-42) Akar penyimpangan orang-orang Farisi adalah kegigihan mereka mengenai hakhak mereka. Kita hidup di...

TFTWMS: Matius (Pendahuluan Kitab) "Kasihilah MusuhMu" (Matius 5:43-48) Perintah Yesus untuk mengasihi musuh terdengar mustahil bagi banyak orang. Salah satu alasannya adalah...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS

PENGANTAR

Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan oleh Allah. Melalui Yesus itulah Allah menepati apa yang telah dijanjikan-Nya di dalam Perjanjian Lama kepada umat-Nya. Sekalipun Yesus lahir dari orang Yahudi dan hidup sebagai orang Yahudi, namun Kabar Baik itu bukanlah hanya untuk bangsa Yahudi saja melainkan untuk seluruh dunia.

Buku Matius ini disusun secara teratur; mulai dengan kelahiran Yesus, kemudian mengenai baptisan dan godaan yang dialami-Nya, lalu mengenai karya-Nya di Galilea. Di situ Ia berkhotbah, mengajar dan menyembuhkan orang. Setelah itu buku ini mengisahkan perjalanan Yesus dari Galilea ke Yerusalem, dan apa yang terjadi dengan Yesus dalam minggu terakhir hidup-Nya di dunia ini yang memuncak pada kematian dan kebangkitan-Nya.

Salah satu hal yang dititikberatkan oleh Matius ialah bahwa Yesus adalah Guru yang besar, yang mengajar bahwa Allah memerintah sebagai Raja. Yesus juga mempunyai wibawa untuk menjelaskan arti dari Hukum Allah. Kebanyakan dari ajaran-ajaran Yesus itu dikelompokkan menurut pokok-pokoknya. Ada lima kelompok:

  1. (1) Khotbah di Bukit yang menyangkut sikap, kewajiban, hak-hak, dan tujuan hidup para anggota umat Allah (pasal 5-7 Mat 5:1-7:28);
  2. (2) petunjuk-petunjuk kepada kedua belas pengikut Yesus untuk melaksanakan tugas (pasal 10 Mat 10:1-42);
  3. (3) perumpamaan-perumpamaan tentang keadaan waktu Allah memerintah sebagai Raja (pasal 13 Mat 13:1-58);
  4. (4) ajaran mengenai makna menjadi pengikut Yesus (pasal 18 Mat 18:1-35); dan
  5. (5) ajaran tentang akhir zaman dan tentang kedatangan Anak Manusia (pasal 24-25 Mat 24:1-25:46).

Isi

  1.  Daftar asal-usul Yesus Kristus dan kelahiran-Nya
    Mat 1:1-2:23
  2.  Pekerjaan Yohanes Pembaptis
    Mat 3:1-12
  3.  Baptisan dan godaan terhadap Yesus
    Mat 3:13-4:11
  4.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Mat 4:12-18:35
  5.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mat 19:1-20:34
  6.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mat 21:1-27:66
  7.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Mat 28:1-20

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Matius.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen keturunan Yahudi, (dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus).

Isi Kitab: Injil Matius terdiri dari 28 pasal. Menyatakan bahwa Yesus orang Nazaret sungguhlah Mesias (Juruselamat), Raja yang dijanjikan, sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Matius

  1. Pasal 1-4 (Mat 1:1-4:1).

    Raja (Juruselamat) yang dinantikan sudah datang

    Bagian ini memaparkan keturunan Yesus, dari Abraham, Ishak, dan Yakub, dengan maksud untuk menunjukkan, bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat (Raja) yang diutus Allah sebagai penggenap nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 2:1-2, 11-12. Kalau kedatanga Tuhan Yesus disambut dengan persembahan-persembahan, apakah yang tela saudara persembahkan kepada-Nya?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 4:1-11. Berapa lamakah Tuhan Yesus berpuasa? Tuhan Yesus dicobai. Siapakah yang menang dalam pencobaan ini? Tuhan Yesus menang dalam pencobaan. Itu berart Tuhan Yesus sanggup menolong saudara dalam pencobaan kalau saudara menerima Dia sebagai Raja dalam hidup.
  2. Pasal 4-25 (Mat 4:12-25:46).

    Raja (Juruselamat) itu memberikan ajaran-ajaran

    Bagian ini berisikan ajaran-ajaran dasar yang menjadi ciri hidup kerajaan-Nya. Dan juga Yesus menunjukkan kuasa-Nya atas alam semesta, atas penyakit-penyakit melalui mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 5:1-12. Siapakah yang memiliki kebahagiaan?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 7:24. Apakah yang menjadi dasar kehidupan yang kuat bag setiap pengikut Yesus?
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 11:25-30. Apakah yang akan saudara dapati, kalau mau datang pada Yesu Sang Raja?
    4. Buka dan bacalah pasal Mat 16:24. Apakah yang menjadi syarat bagi pengikut Yesus?
    5. Buka dan bacalah pasal Mat 24:24-25. Tuhan Yesus menyatakan, bahwa setelah Ia kembali ke sorga, akan datan Juruselamat yang palsu, karena hanya Yesuslah Juruselamat yang asli. Saudara mau yang mana, yang asli atau yang palsu?
  3. Pasal 26-27 (Mat 26:1-27:66).

    Raja (Juruselamat) mengorbankan dirinya untuk keselamatan umat-Nya

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 26:26-28. Bagian ini menjelaskan, sebelum Raja itu mengorbankan diri-Nya, I terlebih dahulu mengajak murid-murid-Nya untuk mengadakan perjamua suci. Hal ini merupakan lambang daripada pengorbanan-Nya di kay salib. Dan Ia mengamanatkan agar perjamuan yang serupa dilakukan ole murid-murid-Nya, setelah kenaikan-Nya kesorga. Perjamuan ini disebu Perjamuan Kudus. Ini berarti setiap orang yang percaya pada Yesus harus mengikuti upacara Perjamuan Kudus tersebut. _Tanyakan_: Apakah arti Perjamuan Kudus?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 27:54. Apakah pengakuan dari komandan prajurit Roma tentang Yesus? Bagaimanakah pendapat saudara, siapakah Yesus?
  4. Pasal 28 (Mat 28:1-20).

    Raja (Juruselamat) itu memperlihatkan kemenangannya atas segala kuasa di dunia dan di sorga

    Bagian ini menjelaskan, bagaimana Raja yang mengorbankan diri-Nya itu berkuasa atas segala kuasa kematian karena Dialah yang mempunyai segala kuasa baik di sorga maupun di dunia.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 28:1-10. Bagian ini menjelaskan bahwa Yesus bangkit persis seperti apa yan telah Ia katakan tentang diri-Nya. Siapakah yang menggulingkan bat penutup kuburan, dan memberitakan tentang kebangkitan Yesus? Jad berita kebangkitan Yesus, diterima pertama kali dari manusia atau dar malaikat Allah? Kalau begitu siapakah yang lebih saudara percayai?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 28:11-15. Berita bohong tentang Yesus tidak bangkit dari kematian itu, dibua oleh manusia. Jadi siapa yang percaya kepada berita itu, berart percaya kepada berita bohong dari manusia dan menjadi pengiku pembohong.
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 28:16-20. Menurut ayat 18 (Mat 28:18) apakah yang diberikan kepada Yesus? Menurut ayat 19 (Mat 28:19) Raja yang naik ke sorga memberikan Amanat Agung aga murid-murid-Nya pergi ke seluruh dunia, untuk menjadika semua bangsa murid-murid-Nya. Amanat Agung ini berlak untuk semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Apakah saudara sudah pernah bersaksi tentang Yesus Kristu kepada orang lain? Pada ayat 20, (Mat 28:20) janji apakah yang diberikan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Matius, jelaslah bahwa Yesus Kristus adalah Raja yang kekal, Juruselamat dan Penebus dosa yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama. Yesus Kristus adalah Raja dari segala raja, karena Dialah yang mempunyai segala kuasa, baik di sorga maupun di atas bumi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Injil Matius?
  2. Apakah isi singkat Injil Matius?
  3. Bagaimanakah Yesus membuktikan, bahwa Ia adalah raja da Juruselamat yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama?

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan P

MENGAPA INJIL INI DITULIS.
Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:
1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan Perjanjian Lama.
2. Untuk mencatat ajaran Kristus yang diberikan secara luas pada para murid-Nya.
3. Untuk menjelaskan sikap apa yang diharapkan Kristus dari murid-murid-Nya.
4. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sejumlah anggota gereja, misalnya mengenai kehidupan masa muda Yesus dan kedatangan-Nya kembali.
5. Untuk menjelaskan tentang cara mengelola Gereja.

PENULISNYA.
Tidak ada pernyataan dalam Injil ini bahwa Matiuslah penulisnya, tetapi tradisi mula-mula menegaskan demikian. Sedikit saja yang kita ketahui tentang Matius, karena ia hanya disebut dalam Mat 9:9 dan Mat 10:3, yaitu bahwa ia seorang pemungut cukai yang dipanggil secara pribadi oleh Yesus. Namanya berarti "anugerah dari Tuhan". Dalam Injil lain ia dipanggil Lewi (Mar 2:14).

PEMBACA INJIL MATIUS.
Hal-hal yang diperhatikan dalam Injil Matius memberi petunjuk bahwa sebagian besar pembacanya adalah orang Yahudi. Sebagian besar dari mereka mungkin sudah menjadi Kristen, tetapi Matius boleh jadi menulis Injil ini untuk meyakinkan orang Yahudi lainnya bahwa Yesus adalah Mesias yang sudah lama dinanti-nantikan oleh bangsa Yahudi.

Namun demikian, ia sama sekali tidak mengabaikan orang-orang bukan Yahudi dan mungkin juga ia menulis dengan tujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan mereka tentang kepercayaan mereka yang bersumber dari kepercayaan Yahudi.

KAPAN INJIL INI DITULIS?
Kita tidak dapat memastikan kapan Injil Matius ditulis. Mungkin Injil ini ditulis setelah Markus menulis Injilnya, karena isinya mirip dengan Injil Markus. Tetapi, Injil ini juga bukan yang terakhir, karena masalah-masalah sehubungan dengan orang-orang Kristen Yahudi yang diperhatikannya berangsur berkurang. Diperkirakan waktunya adalah antara tahun 50 dan 90.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Injil Matius sangat teratur. Bagian-bagian tentang ajaran Yesus disisipkan di antara penjelasan-penjelasan tentang kegiatan-kegiatan-Nya.
2. Karena ingin menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi, ia sering mengutip dari Perjanjian Lama. Ada 65 ayat dalam Matius yang mengacu ke Perjanjian Lama.
3. Matius bicara tentang Kerajaan Surga (33 kali) cocok dengan latar belakangnya sebagai orang Yahudi, sementara Injil-Injil lain bicara tentang Kerajaan Allah.
4. Dari keempat Injil, hanya Matius sendiri yang berbicara mengenai gereja. Ia menulis sebagai seorang gembala yang menangani berbagai masalah dan pertanyaan.

Pesan

1. Yesus adalah Mesias.
o Dia berasal dari keturunan Yahudi Mat 1:1-17
o Dia menggenapi nubuatan Perjanjian Lama, misalnya Mat 1:23; 2:6, 18, 23; 4:15, 16 dll.
o Dia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Mat 1:21
o Dia pertama-tama datang kepada bangsa Israel. Mat 15:24
o Dia melukiskan sikap-Nya terhadap Perjanjian Lama. Mat 5:17-48
o Dia menantang pemimpin-pemimpin agama yang menyesatkan umat Allah. Mat 16:5-12; 23:1-36.
o Dia kelak akan bertindak sebagai hakim. Mat 25:31-46

2. Yesus berbicara mengenai suatu kerajaan.
o Dia menjelaskan apa sebenarnya Kerajaan Allah itu: bukan suatu tempat, tetapi
Allah secara aktif memerintah dunia ini. Mat 9:35
o Dia sendiri adalah Raja. Mat 2:2, 16:28
o Dia memberitahukan persyaratan revolusioner untuk dapat masuk ke dalamnya.
Mat 5:3,10,20; 7:21; 19:14,23,24
o Kerajaan-Nya sudah hadir saat ini. Mat 12:28
o Kerajaan-Nya yang sempurna masih akan datang. Mat 16:28
o Pertumbuhan Kerajaan-Nya itu pasti, walaupun tersembunyi. Mat 3:1-23
o Kerajaan Allah layak mendapat prioritas utama manusia. Mat 6:33; 13:44-46

3. Yesus menggarisbawahi hukum Taurat.
o Dia memperkuat hukum Taurat. Mat 5:17-48
o Dia merangkum hukum Taurat. Mat 22:37-40
o Dia menafsirkan hukum Taurat. Mat 23:23

4. Yesus mengutus gereja-Nya.
o Menjadi suatu masyarakat yang bermoral tinggi. Mat 5:20
o Menjadi suatu masyarakat yang berdisiplin. Mat 18:15-18
o Menjadi suatu masyarakat yang bersedia mengampuni. Mat 18:21-22
o Menjadi suatu masyarakat yang berdoa. Mat 18:19-20
o Menjadi suatu masyarakat yang bersaksi. Mat 28:19-20

Penerapan

Berita dalam Injil Matius dapat diterapkan pada dua golongan kelompok utama:

1. Kepada orang yang belum percaya.
o Orang Yahudi yang belum percaya: Injil ini menunjukkan bahwa Yesus adalah
Mesias yang telah lama mereka nantikan. Kedatangan-Nya sudah dipersiapkan
dengan saksama di sepanjang sejarah dan kini keselamatan tersedia melalui Dia.
o Bangsa bukan Yahudi yang belum percaya: pembebasan dari dosa dan segala
akibatnya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi.

Yesus adalah Juruselamat seluruh umat manusia. Dia menyambut siapa saja yang
menyatakan iman mereka kepada-Nya.

2. Kepada orang-orang Kristen.
o Injil ini akan memperlengkapi Anda dengan ajaran dasar yang penting mengenai
kehidupan dan ucapan-ucapan Yesus.
o Injil ini akan menunjukkan kepada Anda nilai Perjanjian Lama.
o Injil ini akan menunjukkan perlunya hidup sesuai dengan hukum yang baru dan
mencapai standar moral yang tinggi.
o Injil ini juga akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana harus hidup dengan
sesama Kristen.
o Injil ini akan mendorong Anda untuk ikut ambil bagian dalam tugas misi ke
seluruh dunia.
o Injil ini akan membangkitkan pengharapan Anda akan kedatangan Yesus kembali.

Tema-tema Kunci

Matius menekankan beberapa tema tertentu. Selidikilah berulang kali catatan-catatan berikut ini dan pakailah konkordansi agar mendapatkan referensi lain yang terkait untuk mempelajari secara lebih mendalam.

1. Allah adalah Bapa surgawi kita. Inilah sebutan bagi Allah yang paling disenangi oleh Matius: Mat 5:16,45,48; 6:1,9; 7:11,21; 10:32,33; 12:50; 16:17; 18:10,14,19.

2. Berbagai gambaran mengenai Yesus. Yesus disebut Anak Daud (Mat 1:1), Juruselamat (Mat 1:21), Raja Orang Yahudi (Mat 2:2), Orang Nazaret (Mat 2:23). Sebutan apalagi bagi Yesus yang dapat Anda temukan? 3. Kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama. Matius sering mengatakan 'haI itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi' (Mat 2:15) atau kalimat-kalimat serupa. Carilah referensi lain dan periksalah apa yang mereka ajarkan tentang Yesus.

4. Ajaran Yesus. Lima kali Matius mengatakan 'setelah Yesus mengakhiri perkataan ini' (Mat 7:28; 11:1; 13:53; 19:1; 26:1). Setiap pernyataan itu ditulis pada akhir sekumpulan ajaran Yesus. Buatlah ringkasan dari tiap-tiap 'khotbah' itu. 5. Perumpamaan-perumpamaan Yesus. Yesus mengajar murid-murid-Nya dengan memakai perumpamaan. Tetapi ingatlah, tidak semua orang dapat mengerti makna perumpamaan-perumpamaan itu (Mat 13:10-17). Beberapa perumpamaan terdapat dalam: Mat 7:24-27; 13:3-52; 18:23-35; 20:1-16; 22:1- 14; 25:1-30. Buatlah ringkasan mengenai apa yang diajarkan dalam perumpamaan-perumpamaan di atas dan dalam perumpamaan lain.

6. Mukjizat-mukjizat yang dilakukan Yesus. Matius mencatat banyak mukjizat kesembuhan dan mukjizat-mukjizat lain yang dibuat oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan atas ciptaan. Dua puluh mukjizat dicatat dalam Injil ini: Mat 8:1-17,23-34; 9:1-8, 18-33; 12:10-13,22; 14:15-33; 15:21-39; 17:14-21; 20:29-34; 21 :18-22. Daftarkanlah semua mukjizat itu dan tulislah dalam satu kalimat tentang apa yang dinyatakan mengenai Yesus dalam tiap-tiap mukjizat.

7. Kerajaan Surga Ungkapan ini menyarikan inti yang penting dalam ajaran Yesus. Pakailah konkordansi untuk mengetahui di mana Yesus mengatakannya dan bayangkan apa yang sebenarnya ingin dikatakan oleh Yesus tentang Kerajaan Surga ini.

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25 Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus Mat 1:18-25Kelahiran Yesus Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus Mat 3:1-17Pela

[1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25

Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus
Mat 1:18-25Kelahiran Yesus
Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus
Mat 3:1-17Pelayanan Yohanes Pembaptis
Mat 4:1-11Pencobaan terhadap Yesus
Mat 4:12-25Yesus mulai berkhotbah

[2] KHOTBAH DI BUKIT Mat 5:1-7:29

Mat 5:1-12Ucapan bahagia
Mat 5:13-16Garam dan terang
Mat 5:17-48Sikap Yesus terhadap hukum Taurat
Mat 6:1-7:29Yesus mendorong kehidupan agama yang benar

[3] KHOTBAH TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 8:1-9:38

Mat 8:1-17Yesus berkhotbah melalui penyembuhan
Mat 8:18-22Yesus berbicara tentang kemuridan
Mat 8:23-9:8Yesus memperlihatkan kuasa-Nya
Mat 9:9-13Yesus memanggil Matius
Mat 9:14-17Yesus berbicara tentang puasa
Mat 9:18-38Yesus menyembuhkan lagi

[4] MISI DARI DUA BELAS RASUL Mat 10:1-42

Mat 10:1-15Tugas mereka
Mat 10:16-42Masa depan mereka

[5] TANGGAPAN ORANG BANYAK Mat 11:1-12:50

Mat 11:1-19Pertanyaan-pertanyaan Yohanes
Mat 11:20-30Ketidakacuhan orang banyak
Mat 12:1-50Pertentangan dari orang Farisi

[6] PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 13:1-58

[7] PENYATAAN TUHAN YESUS Mat 14:1-17:27

Mat 14:1-12Kematian Yohanes Pembaptis
Mat 14:13-36Tuhan atas semesta alam
Mat 15:1-20Sikap Yesus terhadap tradisi
Mat 15:21-16:4Mukjizat dibuat dan dijelaskan
Mat 16:5-12Peringatan terhadap para pemimpin agama
Mat 16:13-28Pengakuan Petrus
Mat 17:1-13Yesus dimuliakan
Mat 17:14-27Kembali ke dunia yang berdosa

[8] GAYA HIDUP GEREJA Mat 18:1-35

[9] JALAN MENUJU SALIB Mat 19:1-20:34

Mat 19:1-12Ajaran yang Yesus berikan
Mat 19:13-30Orang yang Yesus temui
Mat 20:1-16Perumpamaan yang Yesus ceritakan
Mat 20:17-28Penderitaan yang Yesus nubuatkan
Mat 20:29-34Penyembuhan yang Yesus lakukan

[10] SAAT DI YERUSALEM Mat 21:1-23:39

Mat 21:1-11Masuk kota dengan penuh kemenangan
Mat 21:12-27Di Bait Allah
Mat 21:28-22:46Perumpamaan dan pertanyaan
Mat 23:1-39Kecaman Yesus

[11] KEADAAN MASA DEPAN Mat 24:1-25:46

[12] PUNCAK MISI KRISTUS Mat 26:1-28:20

Mat 26:1-35Peristiwa-peristiwa sebelum Getsemani
Mat 26:36-27:31Penangkapan dan penghakiman atas Kristus
Mat 27:32-66Penyaliban
Mat 28:1-20Kebangkitan dan sesudah itu
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 1.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA